Politik 20130908_190416

Published on September 10th, 2013 | by humas

1

BUPATI PRESENTASI KEBIJAKAN LINGKUNGAN DI CEKO

20130908_190416Duta Besar RI  di Ceko,  Emeria WA Siregar  mengapresiasi positif  kinerja Bupati Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Sultan H Khairul Saleh atas  upaya peningkatan kualitas lingkungan  di daerah hingga berhasil meraih adipura selama dua tahun berturut-turut 2012 -  2013
Kedatangan Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh bersama sejumlah Bupati/Walikota berprestasi di bidang lingkungan hidup, ke Republik Ceko, Minggu (8/9) petang,  difasilitasi Kementerian Lingkungan hidup sebagai penghargaan atas komitmen kuat bersama masyarakat daerah dalam menjaga, merawat dan melestarikan lingkungan.
Dalam pertemuan dengan pejabat Duta Besar RI di Ceko dan Kementerian Lingkungan, berlangsung di Wisma Praha Kantor  Kedutaan Besar RI untuk Ceko, Bupati Khairul Saleh memaparkan beberapa kebijakan daerah terkait upaya pelestarian lingkungan hidup.
Menurutnya, salah satu pilar upaya meningkatkan kualitas lingkungan adalah membangun kerja sama sinergis antara masyarakat, pemerintah dan swasta. Tujuannya adalah  untuk menyamakan visi pentingnya meningkatkan budaya hidup sehat dan bersih sebagai cerminan budaya  dan prilaku masyarakat Indonesia.
Kebersamaan tersebut harus dibarengi dengan kebijakan terukur di bidang lingkungan termasuk di dalamnya memberikan penghargaan kepada masyarakat atas kepeloporan di bidang lingkungan. Pemerintah daerah juga harus berani memberikan sanksi kepada masyarakat yang berprilaku tidak ramah terhadap lingkungan.
“Cara membangun kebersamaan dengan masyarakat bisa dilakukan dengan melibatkan mereka dalam kegiatan-kegiatan pembangunan daerah terutama  di bidang  peningkatan kulitas kebersihan lingkungan,” ungkapnya.
H Khairul Saleh mengatakan, penghargaan adipura yang telah diraih Kabupaten Banjar selama dua tahun berturut-turut menjadi pelecut pihaknya bersama masyarakat untuk tetap bekerja keras menjaga dan merawat lingkungan.
Kedubes RI untuk Ceko Emeria WA Siregar mengatakan, pihaknya sangat mendukung fasilitasi komparasi studi lingkungan dari Kementerian Lingkungan. Menurutnya, kebijakan lingkungan dari bupati-walikota termasuk Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh layak mendapat penghargaan pemerintah mengingat masalah lingkungan merupakan isu sentral di dunia saat ini.
“Apa yang dilakukan mereka (bupati/walikota, red) berperestasi di bidang lingkungan ini patut mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Tanpa peran dan jasa mereka upaya pelestarian lingkungan bisa berjalan di tempat. Teruskan kepeloporan dan pengabdian Bapak semua demi Indonesia bersih dan sehat,” ucap Emeria.
Sementara itu Deputi Bidang Limbah Kimia, Limbah Berbahaya, dan Limbah Padat Kementerian LH, Rasio Ridho Sani, menambahkan kedatangan delegasi Kemen-LH saat ini dengan membawa Bupati/Walikota  pahlawan-pahlawan lingkungan, dengan maksud agar mereka lebih bersemangat meningkatkan kualitas lingkungan di daerah masing-masing sebagai bagian integral pembangunan lingkungan nasional.


About the Author



One Response to BUPATI PRESENTASI KEBIJAKAN LINGKUNGAN DI CEKO

  1. Pingback: BUPATI PRESENTASI KEBIJAKAN LINGKUNGAN DI CEKO

Back to Top ↑

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com